COVER

COVER

TempatAirMineral_zpsapwesgl8.gif~c100 Obat Cepat Hamil 4_zpsdhwun6h3.gif~c100 PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik
IKLAN dan RE-VIEW GRATIS Bagi sobat blogger yang ingin produknya diiklankan di blog kami ataupun yang ingin blognya untuk di re-view bisa kirim permintaan lewat email. Iklan dan Re-view akan kami tampilkan secara gratis di blog kami selama 1 sampai 2 bulan…

16 Juni 2011

Alamat IP Address Akan Habis

IPv4 …. Beberapa tahun tekhir ini kabar akan habisnya freepool IPv4 santer terdengar, lalu bagaimanakah nasib dunia internet selanjutnya??

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) yang mengatur IP address didunia akan kehabisan freepool IPv4. Secara garis besar alokasi IP address didunia dibagi menjadi lima wilayah berdasarkan letak goegrafinya masing-masing, dan Indonesia berada di bawah naungan APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) yang berpusat di Australia. Habisnya freepool IPv4 ini diperkirakan pada pertengahan tahun 2011 ini.  

Pada bulan februari lalu APNIC mendapatkan penambahan 2 blok/8 freepool IPv4 dari IANA, penambahan ini merupakan penambahan quota terakhir bagi APNIC. Sejatinya IANA masih memiliki stock 5 blok/8 freepool IPv4, namun cadangan blok tersebut akan dibagikan secara merata kesetiap wilayah, diantaranya : Asia Pasific, Amerika Latin, Amerika Utara, Eropa dan Afrika, jadi masing-masing wilayah akan mendapatkan tambahan 1 blok/8 lagi. Pembagian 5 blok/8 terakhir ini akan didistribusikan lebih ketat dari sebelumnya dan jumlahnyapun jauh lebih kecil dari jumlah sebelumnya.

Habisnya freepool IPv4 ini menjadi masalah yang besar bagi negara-negara di kawasan asia pacific, pasalnya kawasan ini merupakan dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan juga merupakan populasi terbesar didunia yang menggunakan internet. Hampir semua Negara dikawasan Asia Pacific sedang mengembangkan infrastruktur untuk mendukung penggunaan internet yang lebih optimal, jika freepoll IPv6 habis maka akan jadi sebuah sejarah yang besar didunia maya. 

Directur Number Resource Organization (NRO), Raul Echaberria mengatakan, “Solusi untuk mengatasi habisnya generasi IPv4 adalah dengan beralih ke generasi IPv6, dan semua pihak yang terkait harus segera mengambil tindakan nyata agar IPv6 bisa digunakan”.

Dampak yang ditimbulkan dengan habisnya freepool IPv4 ini antara lain :
1.      Para penyedia infrastruktur dan jaringan tidak bisa lagi memberikan IP public ke pelanggan baru. Konsekwensinya adalah para penyedia infrastruktur da jaringan harus menggunakan IP private kepada pelanggan baru setelah melalui proses penerjemahan alamat. Namun kendala menggunakan IP private ini adalah tidak bisa terbukanya beberapa aplikasi khusus yang mensyaratkan adanya koneksi langsung ke IPv4, dan merupakan hal yang mustahil untuk membuka ISP (Internet Service Provider) baru tanpa tersedianya alokasi IPv4 yang baru.
2.      Dampak lain yang ditimbulkan adalah pada sisi penyedia server. Penambahan server baru mensyaratkan harus tersedianya IP public agar content bisa diakses oleh pengunjung internet. Habisnya alokasi IP public maka secara otomatis akan mematikan perkembangan industry content.

Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan habisnya IPv4 adalah dengan segera bergabung ke IPv6. IPv6 memiliki jumlah blok yang lebih banyak dibandingkan dengan IPv4, jika generasi IPv4 hanya memiliki 4,3 milyar blok, maka generasi baru IPv6 memiliki kapasitas blok berjumlah triliunan. Perbedaan yang significant ini membuat pengguna tidak perlu takut lagi akan kehabisan IP. 

Kelebihan lai yang ditawarkan oleh generasi IPv6 adalah protocol keamanan yang jauh lebih baik dan lebih ketat karena sifat protocol keamanannya adalah bawaan, sedangkan pada generasi sebelumnya protocol keamanannya bersifat optional.


Jadi, diharapkan semua pihak yang terkait dengan penggunaan jaringan dan IP Address agar sesegara mungkin melakukan migrasi dari IPv4 ke IPv6. Untuk beberapa waktu mendatang pengguna jaringan dan IP address dapat menggunakan IPv4 dan IPv6 secara bersamaan sampai quota IPv4 benar-benar habis, dan kemudian pengguna bisa menikmati menggunakan IPv6 secara sepenuhnya.


Reference : kompas.com







2 komentar:

  1. udah mau ganti ke IPv6 gan, tapi saat uji coba , banyak masalah gan, deger-denger gitu gan,

    BalasHapus
  2. wah berat banget nih artikelnya bro..ha..ha ampe pusing bacanya.
    btw kok gadget follow ku kok ilang ya bro ganti dengan join this site, gimana cara balikinnya.
    trus cara buat buku tamu gimana bro. thanks berats info nya

    BalasHapus

a