COVER

COVER

TempatAirMineral_zpsapwesgl8.gif~c100 Obat Cepat Hamil 4_zpsdhwun6h3.gif~c100 PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik
IKLAN dan RE-VIEW GRATIS Bagi sobat blogger yang ingin produknya diiklankan di blog kami ataupun yang ingin blognya untuk di re-view bisa kirim permintaan lewat email. Iklan dan Re-view akan kami tampilkan secara gratis di blog kami selama 1 sampai 2 bulan…

25 Oktober 2013

Penjernih Air Sederhana

Penjernih Air Sederhana … Kali ini saya ingin berbagi tentang teknik sederhana untuk membuat Saringan Air Cepat secara sederahana, dimana bahan-bahannya banyak dipasaran dan bisa ditemui di toko-toko material dan toko-toko penjual aquarium.
 Material di Dalam Filter Air :
  1. Pasir Silika : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Fungsi pasir silica adalah untuk menyaring kotoran berukuran kecil yang terbawa bersama air
  2. Zeolit : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Fungsi zeolit adalah untuk menghilangkan kandungan Ca2+ dan Mg2+. Air yang mengandung Ca2+ dan Mg2+ berlebih menyebabkan kualitas air menurun, atau dengan bahasa sederhana biasa disebut dengan “Air Sadah”. Air sadah biasanya berbau dan rasanya seperti kapur.
  3. Ferrolite : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Ferrolite atau Manganese berfungsi untuk menghilangkan unsure Fe (besi). Unsur Fe jika didalam air berbentuk ion Fe2+, jika air yang mengandung Fe2+ berinteraksi udara maka akan berubah menjaddi ion Fe3+ sehingga air akan berwarna kekuningan. Fe3+ menyebabkan karat pada material besi, dan juga berbahaya bagi tubuh.
  4. Karbon Aktif : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Karbon aktif berfungsi untuk menghilangkan bau, dan rasa pada air. Selain itu karbon aktif juga berfungsi untuk menyerap kaporit atau chlorine pada air. Kaporit atau chlorine berfungsi untuk membunuh kuman (disinfectant), namun jika kadarnya berlebih maka dapat membahayakan tubuh manusia.
  5. Cartridge Filter : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Cartridge Filter berfungsi sebagai penyaring akhir partikel yang sangat kecil yang tidak terlarut didalam air (Suspended Solid) yang masih lolos pada saringan Pasir Silica. Melalui penyaringan dengan menggunakan Cartridge Filer ini air hasil penjernihan akan menjadi benar-benar jernih. Agar air bisa melewati Cartridge Filter dibutuhkan tekanan air yang cukup tinggi, maka dari itu pastikan pompa yang anda miliki memiliki tekanan yang cukup untuk bisa melewati Cartridge Filter. 
     

Prinsip Kerja System :
Sistem penjernih air sederhana ini dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu : Treatment System dan Back Wash System. Treatment system adalah istilah yang saya gunakan untuk system penghasil air bersih. Sedangkan Back wash system adalah istilah yang saya gunakan untuk proses mencuci filter.

  1. Treatment System : Air mengalir dari Pompa melalui pipa menuju atas Filter Air, kemudian melalui Catridge Filter dan selanjutnya ditampung pada Tangki Penampungan. Pada proses ini item-item yang bekerja adalah :
    1. Pompa : Keadaan ON (Menyala)
    2. Keran-1 : Keadaan Open (Terbuka)
    3. Keran-2 : Keadaan Open (Terbuka)
    4. Keran-5 : Keadaan Open (Terbuka)
    5. Keran-3 dan Keran-4 : Keadaan Close (Tertutup)
  2. Back Wash System : Air mengalir dari Pompa melalui pipa menuju bawah Filter Air dan selanjutnya air tersebut dibuang ke saluran pembuangan. Pada proses ini item-item yang bekerja adalah :
    1. Pompa : Keadaan ON (Menyala)
    2. Keran-1 : Keadaan Open (Terbuka)
    3. Keran-3 : Keadaan Open (Terbuka)
    4. Keran-4 : Keadaan Open (Terbuka)
    5. Keran-2 dan Keran-5 : Keadaan Close (Tertutup)
Perhatian : Air hasil penjernihan ini “Tidak Dapat Langsung Diminum” karena belum melalui proses penghilangan bakteri atau virus yang terkandung didalam air. Air hasil penjernihan ini bisa digunakan untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Untuk bisa diminum maka disarankan untuk melalui proses penghilangan baktreri dan virus melaui UV System.  


( Written by : AYB )
Refference :
-. http://pasirsilikafilterair.blogspot.com/2013/02/pasir-silika-dijual-jual-pasir-silica.html
-. http://air-bersih-keluarga.blogspot.com/2011/01/media-filter-air.html
-. http://totalwatersolusindo.com/OurProduct-Assesories-Media&Chemical-Ferrolite.html
-. http://www.chemtronicsindia.com/micron-filter.htm



52 komentar:

  1. yup,,,, boleh dicoba

    BalasHapus
  2. Menarik...pengen nyoba.
    Komposisi untuk tiap2 materialnya gimana gan?
    tolong detailnya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pipa pembuat tabung adalah menggunakan pipa PVC AW dengan diameter 3" atau 4". Untuk komposisi tiap-tiap materialnya :

      1. Tabung pasir silika : Tinggi tabung = 30cm, dan tinggi pasir silika = 20cm

      2. Tabung Zeolit : Tinggi tabung = 25cm, dan tinggi Zeolit = 20cm

      3. Tabung Ferrolite : Tinggi tabung = 25cm, dan tinggi Ferrolite = 20cm

      4. Tabung Karbon aktif : Tinggi tabung = 25cm, dan tinggi Karbon Aktif = 20cm

      Demikian sobat, semoga bermanfaat

      Hapus
  3. susunan tabungnya gmana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susunan tabung dan skema pipanya seperti gambar no. 1 diatas sobat

      Hapus
  4. artikel yang bagus mas, perlu dipraktikkan nih. Dulu saya pernah lihat yang mirip seperti itu pada pabrik cat rumahan, pemiliknya merangkai sendiri agar hasil catnya juga bagus.
    kunjungi balik ya.
    ilmudes.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan untuk dipraktikan sobat. Semoga bisa membantu

      Hapus
  5. gak bisa langsung diminum ya mas, tidak seperti pureid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil penyaringan ini tidak bisa langsung diminum sobat. Puriet juga punya keterbatasan, ingat Puriet hanya bisa mengolah air yang bersumber dari Sumur atau sungai, itu pun sumur dan sungai dalam keadaan tertentu. Jika kualitas air sumbernya terlalu buruk, Puriet juga tidak bisa maksimal menghasilkan air minum yang baik. Jadi "Syarat dan Ketentuan Berlaku"

      Hapus
  6. Seandainya yang ingin diolah adalah air yang sifatnya asam bagaimana min cara menetralisir nya? Mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya boleh tau airnya berasal dari mana ? dari sumur atau sungai atau recycling water atau air rawa ?

      Pada umumnya Air hujan, sumur, danau, sungai memiliki pH antara 7 ~ 9. pH ini masih bisa digunakan.

      Catridge filter pada gambar diatas adalah cartridge yang isinya Spun Sedimen 1 atau 5 mikron untuk menyaring partikel padat yang tidak larut dalam air

      Untuk memperbaiki nilai pH maka bisa ditambahkan cartridge Keramik setelah cartridge Spum Sedimen. Namun harap diperhatikan sebelum memasang cartridge keramik ini :
      1. Cek terlebih dahulu nilai pH air setelah proses penyaringan ini
      2. Jika nilai pH air setelah proses penyaringan antara 7 - 9 maka tidak diperlukan lagi pemasangan cartridge keramik. Karena jika dipasang cartridge keramik maka nilai pH akan tambah naik menjadi diatas 9, dan ini tidak baik bagi tubuh manusia.
      3. Jika nilai pH air setelah proses penyaringan dibawah 6,8 maka diperlukan pemasangan cartridge keramik untuk menaikkan pH menjadi 7-9.

      Demikian dan semoga bermanfaat

      Hapus
  7. sangat menarik artikelnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih sobat,,,,

      Hapus
  8. setiap media filter itu harus terpisah atau bisa digabung menggunakan sekat? misal sekat kapas atau ide lain?

    BalasHapus
  9. Dijual bebaskan zeolit,ferrolit itu brp harganta

    BalasHapus
  10. Dijual bebaskan zeolit,ferrolit itu brp harganta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga Zeolit = Rp. 6000,- per kantong
      Harga Ferolite = Rp. 75.000,- per tabung

      http://www.cerita-dan-ilmu.net/2013/11/pre-treatment-air-sangat-sederhana.html

      Hapus
  11. Sumur bor saya zat besinya kuat dekali udah pakai penyaringan tak berubah gmn solusinya

    BalasHapus
  12. Sumur bor saya zat besinya kuat dekali udah pakai penyaringan tak berubah gmn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zat besi (Fe) dan Mangan (Mn) yang kuat didalam air biasanya ditandai dengan warna air yang kuning kecoklatan. Banyak cara untuk mereduksi (mengurangi) kandungan zat besi dan mangan didalam air. Dengan metode saringan cepat Zeolit dan Ferolit juga bisa, akan tetapi jika air dengan kandungan zat besi dan mangan yang kuat ini langsung dialirkan menggunakan pompa menuju saringan akan menyebabkan filter cepat tersumbat (blocking) sehingga hampir setiap hari sobat harus membersihkannya.

      Buatlah proses pengendapan terlebih dahulu sebelum air dipompakan menuju filter. Pada proses pengendapan ini sobat bisa mencampurkan sedikit PAC (Poly Aluminium Chloride) untuk mengikat ion Fe dan Mn kemudian mengendapkannya didasar tangki. Waktu kontak antara PAC dan air adalah 5 menit dan waktu yang diperlukan untuk pengandapan adalah minimal 1 jam. Proses ini dinamakan proses Koagulasi.

      Setelah proses Koagulasi maka air dapat dipompakan menuju saringan cepat Zeolit dan Ferolit untuk kembali menyaring sisa Fe dan Mn sehingga air menjadi benar-benar bersih. Untuk menghilangkan bau sobat bisa tambahkan filter karbon aktif.

      INGAT : tidak ada system penyaringan cepat yang mampu menyaring air dengan kandungan Fe, Mn dan SS (suspended solid = partikel kecil yang tidak larut didalam air) yang tinggi, karena akan menyebabkan blocking pada filter.

      Demikian sobat, semoga bermanfaat,,,, Salam

      Hapus
  13. Ada yg punya photo hasil jadinya kah?thx

    BalasHapus
  14. posisi tabung filter apakah bisa sejajar dengan tangki air bersih, atau harus lebih atas. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi tabung filter boleh dimana saja sobat. Bisa sejajar, lebih tinggi atau lebih rendah dari tangki air bersih, karena kita menggunakan pompa.

      Hapus
  15. Min, mohon bertanya,Pipa tabungnya terpisah tiap material filter apa jadi satu tabung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo punya mesin las PVC sebaiknya dipisah sobat, untuk memudahkan penggantian material per unit nya. Tapi kalo ga punya, ya digabung juga ga papa

      Hapus
  16. Min beli silica zeolit dan ferolit nya biasa dihual dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zeolit banyak dijual di toko-toko penjual aquarium. Kalo ferrolite memang agak susah belinya, dan harus beli 1 zak (25kg).

      Sobat bisa order di link ini : http://www.purewatercare.com/index.php

      Terpercaya kok, karena beberapa material juga saya beli dari sana.

      Hapus
  17. Maaf mind,,, klo beli karbon aktif dmn ya n harga nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di Toko Pure Water sobat. Ikuti aja link ini : http://www.purewatercare.com/index.php

      Hapus
  18. Min air dirmh ane knp setelah di penampungan berubah warnanya ya jd berkerak n keruh jg bau karat besi,padahal pertama keluar dr pompa terlihat jernih. Mohon solusinya gan

    BalasHapus
  19. Dear Sobat,

    Air yang pertama kali keluar dari pompa bersih tetapi setelah dibak penampungan menjadi kuning, bau dan kadang-kadang menghitam itu dikarenakan reaksi antara zat besi atau mangan dengan udara.

    Sewaktu air didalam tanah zat besi tidak kontak dengan udara sehingga masih berbentuk ion Fe2+, tetapi begitu air keluar dari tanah maka zat besi atau mangan mulai kontak dengan udara sehingga ion Fe2+ + Udara berubah menjadi ion Fe3+ sehingga warna air berubah menjadi kekuningan dan tingkat pH air menurun. Ion Fe3+ adalah ion yang aktif bereaksi dengan metal.

    Solusinya seperti yang saya jelaskan diatas, yaitu dengan menggunakan filter saringan air Ferrolite. Untuk pembelian Ferrolite sobat bisa order di : http://www.purewatercare.com/index.php

    Kenapa saya pilih Ferrolite, karena Ferrolite mampu mereduksi kadar besi dalam air hingga 20ppm dan kadar mangan hingga 15ppm. Jumlah penurunan dengan Ferrolite adalah yang terbesar jika dibandingkan dengan menggunakan Carbone Active, Manganese Greensand ataupun Zeolit. Perawatan Ferrolite jg cukup mudah yaitu hanya dengan Backwash saja, tetapi jika Ferrolite sudah jenuh maka harus diganti.


    Demikian sobat, semoga bermanfaat….

    BalasHapus
  20. Numpang pencerahan pak Admin.
    Dulu air tanah saya jika merendam dengan pemutih pakaian warna air tetap bening. Sekarang setelah ditambah pemutih air menjadi kekuning coklatan. Saya sudah mencoba membuat filter air sbb tapi air jika ditambah pemutih tetap menjadi kecoklatan.
    Filter yg saya buat urutannya 1.Resin Kation
    2.Ferrolite
    3.Karbon Aktif
    4.Filter Catridge 1 micron.
    Apakah ada yg salah. Resin Kation sebelum dipakai sudah dicuci dengan garam ikan. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat Tri Handoko,

      1. Air yang sobat miliki mengandung Fe (besi) dan Mn (mangan) tapi kadarnya rendah, hal ini bisa diamati dengan cara tuangkan air pada ember kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam pada tempat terbuka, sehingga terjadi proses oksidasi antara air dengan udara. Jika airnya menguning maka kadar Fe nya tinggi, tetapi jika airnya masih tetap jernih (kekuningan yang hampir tidak terlihat) maka kadar Fe nya rendah. Fe menyebabkan air berwarna kuning, Mn menyebabkan air berwarna kecoklatan bahkan hitam.

      2. Sobat menggunakan resin kation pada filter air yang sobat buat. Resin kation akan lebih suka mengikat ion Ca, Na dan Mg sehingga air sobat akan menjadi lebih soft. Tetapi penggunaan resin kation ini menyebabkan pH air menurun.

      3. Ferrolite akan bereaksi untuk mengikat ion Fe dan Mn pada pH diatas 6.5


      Jadi kondisi air sobat setelah melalui filter air adalah : Airnya masih mengadung ion Fe dan Mn, Kesadahan rendah dan pH rendah. Karena ion Fe dan Mn masih ada dan didukung dengan kondisi pH air yg rendah maka menyebabkan warna kuning dan kecoklatan air akan semakin jelas terlihat. Dan jika air ini sobat campukan dengan pemutih pakaian maka ion Fe dan Mn akan bereaksi dengan Chlorin (zat yang umumnya terdapat didalam larutan pemutih pakaian) sehingga ion Fe dan Mn membentuk butiran-butiran yang lebih besar sehingga warna kuning dan kecoklatan pada air semakin lebih jelas lagi terlihat.


      Saran saya :
      1. Sobat tidak perlu menggunakan resin kation, karena akan menurunkan pH air dan selain itu air dirumah sobat juga bukan air yang mengandung tingkat kesadahan yang tinggi.

      2. Optimalkan manfaat penggunaan ferrolite dengan cara menaikkan pH air sebelum masuk ke filter, pH air sebelum masuk ke filter harus berada diatas 6.5. Caranya, sobat bisa menambahkan injeksi NaOH pada pipa yang menuju filter.

      3. Diameter filter yang sobat gunakan minimal berukuran 6 inch, hal ini untuk memastikan bahwa seluruh air yang melewati filter benar-benar mengenai ferrolite


      Demikian sobat, semoga bermanfaat

      Hapus
  21. Saya memakai resin kation krn sipenjual tidak punya Zeolit dan katanya bisa juga pakai resin kation. Terimakasih.

    BalasHapus
  22. Saya membeli bahan filter air di pedagang aquarium, diantaranya membeli batu zeolit, karbon aktif, kapas filter polyester dan Pasir malang.
    Apakah pasir malang bagus buat penyaringan filter air?
    Karena saya di sarankan oleh penjual bahan aquarium bagus untuk menyaring air. mohon penjelasanya.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat Bramono21,

      Untuk Filter air maka lebih baik sobat menggunakan pasir silica. Hal ini karena pasir silica memiliki texture yang kuat tidak mudah pecah dan tergerus air serta ukurannya yang berfariasi. Karena sifat inilah pasir silika pada sistem penyaringan air selalu digunakan dan diletakkan pada susunan paling atas sebagai filter pertama untuk menyaring benda padat didalam air (suspendid solid).

      Pasir malang memiliki textur yang ringan, rapuh dan mudah tergerus air, akibatnya pasir lama-kelamaan akan habis tergerus air dan mudah terbuang keluar saat proses Backwash karena sifatnya yang ringan.

      Hapus
  23. Dear Admin,
    Mohon pencerahan urutan pemasangan filter Cartridge.
    Saya dirumah memasang cartridge 05,01, Resin, lalu Ke Tangki air. Kemudian dari Tanki air di saring lagi menggunakan Filter cartridge 05,01, Carbon active lalu ke kran air.
    Pertanyaan saya, apakah urutan diatas salah...?? Karna di tanki air, airnya jernih tapi dipermukaan air ada kotoran partikel kecil mengapung di atas Dan jika lama menempel di dinding tanki air. Dan di filter cartridge setelah dari tanki air seperti berlumut Dan air berwarna hijau lumut lalu air yang keluar di kran masih seperti berkapur halus di permukaan air jika di samping di bak mandi.
    Mohon pencerahannya untuk dapat solusinya.
    Terima kasih
    Salam,
    Surahman

    BalasHapus
  24. pengalaman saya yang baru pindah rumah di daerah delta sungai, air sumur bor saat disedot bening namun setelah dibiarkan 2 jam berubah menjadi kuning pekat dan ada lapisan minyak diatasnya, saya sudah mencoba mencari informasi tentang filter air dll google, ternyata rahasianya cuma pakai pasir (untuk menjernihkan air) seperti pada saringan tradisional (saringan pasir lambat) yang dimodifikasi agar aliran air tetap cepat dan wajib menggunakan toren (tong) air penampung, jadi urutannya adalah sumur bor > mesin pompa > catridge filter 1 mikron (untuk menyaring kotoran dari sumur supaya tong tidak terlalu kotor > toren (tong air) disini diendapkan tanpa bahan kimia (tawas, kaporit dll) dibiarkan sekitar 12 jam atau lebih > pasir dicampur arang batok kelapa /arang kayu (posisinya didalam toren (tong) air diletakkan dalam ember plastik seukuran kaleng cat 5kg yang bagian samping bawahnya dibuat lubang yang dihubungkan dengan keluaran toren (tong) air > catridge filter 1 mikron > kran air , hasilnya aliran air deras dan air bening seperti air hujan dan dibiarkan dalam bak mandi pun tidak kembali kuning dan berminyak, kalau mau lebih baik bisa ditambah media filter lain.

    BalasHapus
  25. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. Terima kasih informasinya. Sebagai tambahan, kami menyediakan mineral alam zeolite, CaO (Kapur tohor) dan CaCO3 (kaptan). Hubungi 085863093505 or www.zeolitecikembar.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Selamat sore pak
    Maaf ganggu ya pak

    Mohon bimbingan nya pak,
    Gimana kalau filter nya aku pasang dengan media urutan begini :
    1--pasir silika
    2--pasir silika
    3--pasir aktif/ferrolite
    4--pasir silika
    5--pasir silika
    6--carbon active

    Mohon bimbingan nya pak

    BalasHapus
  28. Terima kasih sebelum nya pak

    BalasHapus
  29. gan mau tanya untuk bahan2 nya bei dimana ya....?

    BalasHapus
  30. di toko khusus filter air atau toko bahan bangunan biasanya ada

    BalasHapus
  31. kalau air nya payau penjernihannya menggunakan apa? terimakasih

    BalasHapus
  32. Keren artikelnya, min boleh tanya?
    Kapan saya harus mengganti tabung2 it, pasir silika dkk?

    BalasHapus
  33. Min mau nanya kalau untuk media diatas saya gunakan utk filter kolam koi tapi diambil airnya bukan dari kolam melainkan dari hasil terakhir dari filter buatan saya lalu ke filter yang menggunakan pasir silika sebelum ke kolam. Apakah akan berpengaruh terhadap ikan di kolam

    BalasHapus
  34. bagi agan2 yg butuh proses otomatisasi system penyaring air mulai treatmen hingga backwash utk otomatisasi selenoid hub.081237029440.permisi ya admin numpang prpmosi

    BalasHapus
  35. ada wa atau pin bb gan ?

    BalasHapus

a