COVER

COVER

TempatAirMineral_zpsapwesgl8.gif~c100 Obat Cepat Hamil 4_zpsdhwun6h3.gif~c100 PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik
IKLAN dan RE-VIEW GRATIS Bagi sobat blogger yang ingin produknya diiklankan di blog kami ataupun yang ingin blognya untuk di re-view bisa kirim permintaan lewat email. Iklan dan Re-view akan kami tampilkan secara gratis di blog kami selama 1 sampai 2 bulan…

7 Oktober 2013

Three Line Diagram Motor

Three Line Diagram Motor….. Hai sobat-sobat blogger semua, kali ini saya ingin sedikit membagi ilmu mengenai system starting motor. Ada beberapa cara untuk wiring starting motor diantaranya adalah :
1.      DOL (Direct Online) yaitu system starting motor langsung. System DOL kebanyakan digunakan pada motor-motor dengan kapasitas kecil yaitu motor dengan kapasitas dibawah 11kW.
2.      Star – Delta yaitu system starting motor dari koneksi Y (Star) ke koneksi (Delta) dengan jeda waktu 5 ~ 10 detik. System Star-Delta dimaksudkan untuk mengurangi lonjakan arus yang tinggi saat pertama kali motor menyala. System Star-Delta starter kebanyakan digunakan untuk motor dengan
3.      Soft Starter yaitu system starting motor dengan menaikkan frekwensi motor secara bertahap mulai dari 0Hz ~ 50Hz dalam jangka waktu 5 ~ 10 detik. Soft Starter kebanyakan digunakan pada motor-motor dengan kapasitas sangat tinggi, mulai 30kW keatas. 


Gambar diatas adalah contoh rangkaian starting motor. M-1 menggunakan Starting DOL, M-2 menggunakan Soft Starter dan M-3 menggunakan Soft Starter dengan back up DOL Starter jika Inverter rusak.
Written by : AYB

3 komentar:

  1. menurut saya, penjelasan anda salah untuk soft starter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim : jika penjelasan saya tentang soft starter salah, menurut sobat seharusnya bagai mana penjelasannya ya? mohon share ilmunya. Trimakasih.

      Hapus

a