COVER

COVER

TempatAirMineral_zpsapwesgl8.gif~c100 Obat Cepat Hamil 4_zpsdhwun6h3.gif~c100 PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik PasangIklanoketrik
IKLAN dan RE-VIEW GRATIS Bagi sobat blogger yang ingin produknya diiklankan di blog kami ataupun yang ingin blognya untuk di re-view bisa kirim permintaan lewat email. Iklan dan Re-view akan kami tampilkan secara gratis di blog kami selama 1 sampai 2 bulan…

19 November 2013

Pre-Treatment Air Sangat Sederhana

Pre-Treatment Air Sederhana … Hai sobat blogger, kali ini saya ingin berbagi tentang teknik sederhana untuk Pre-Treatment Air sebelum air tersebut kita masukkan ke dalam system pensterilan air sehingga air tersebut dapat langsung diminum. Sistem sterilisasi dapat menggunakan UV system ataupun menggunakan produk PUREIT dari Unilever yang lebih simple dan memiliki system pengamanan yang baik bagi penggunanya.
Pada tulisan sebelumnya yang berjudul Penjernih AirSederhana, saya sudah menuliskan beberapa bahan-bahan utama yang dipakai dalam penjernihan air serta fungsi dari masing-masing bahan tersebut.
Nah kali ini saya ingin berbagi cara merangkai system lengkap dengan foto-foto yang saya ambil sewaktu mengerjakannya.

Langkah-Langkah Pengerjaan :
  1. Sobat blogger dapat membeli bentuk saringan sederhana yang sudah jadi di toko-toko atau di supermarket (banyak dan ga susah kok mencarinya), harganya berada dikisaran Rp. 60.000,-
  
   
  1.  Kemudian dari saringan sederhana ini kita hanya tinggal memodifikasi isi dari pada saringan. Pada umumnya saringan sangat sederhana ini hanya terdiri dari Casing filer sebagai wadah dari filer, kemudian tutup casing, kemudian kapas atau spon sebagai penyaring partikel dan kotoran, serta carbon aktif sebagai penghilang bau dan penyerap chlorine atau kaporit.
  1. Didalam tulisan saya terdahulu yang berjudul Penjernih Air Sederhana , ada empat tahap penyaringan air utama yaitu : Filter Pasir Silica, Filter Zeolit, Filter Ferrolite dan Filter Karbon Aktif. Nah, dari saringan yang kita beli tadi, sobat blogger baru mempunyai 2 Filter yaitu Spon sebagai pengganti Filter Pasir Silica dan Karbon Aktif. Maka dari itu sobat blogger perlu untuk membeli 2 material filter yang masih kurang yaitu Zeolit dan Ferrolite.
  2. Untuk mencari material Zeolit tidak lah terlalu sulit, sobat blogger dapat membeli Zeolit berbentuk kerikil kecil di toko-toko penjual ikan hias atau aquarium. Harga per kantongnya sekitar Rp. 6000,-. Untuk material Ferrolite, sobat blogger dapat membelinya di toko-toko penyaringan air atau di supermarket dalam bentuk tabung, harganya sekitar Rp. 75.000,-. 
  1. Setelah ke empat material utama penyusun filter air telah lengkap, maka sobat blogger telah siap untuk merangkai sendiri filter air tersebut
  2. Pertama-tama kita masukkan filter karbon aktif yang memang sejak semula kita beli sudah jadi, dan sobat blogger tinggal memasangnya saja
  1. Langkah Ke-2 adalah dengan menukar saringan kedua yang semula bersisi karbon aktif dengan material Ferrolite. Lalu masukkan kedalam casing filter air.
  
  
  1. Langkah Ke-3 adalah memasukkan filter Zeolite
  
    
  1. Langkah Ke-4 adalah memasukkan Filter Spon sebagai pengganti Pasis Silica

  
    
  1. Langkah Ke-5 adalah memasang penutup casing
  
      
  1. Langkah Ke-6 adalah memasang filter yang sudah jadi ini ke keran air yang diinginkan

Perhatian : Air hasil penjernihan ini “Tidak Dapat Langsung Diminum” karena belum melalui proses penghilangan bakteri atau virus yang terkandung didalam air. Air hasil penjernihan ini bisa digunakan untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Untuk bisa diminum maka disarankan untuk melalui proses penghilangan baktreri dan virus melaui UV System atau menggunakan produk PUREIT dari Unilever yang lebih simple.



( Written by : AYB )

8 komentar:

  1. artikel ini sangat bermanfaat untuk ibu rumah tangga, tapi untuk mendapatkan ferrolite ini dimana ya?
    katanya ada di supermarket, tp saya cari di tiap supermarket barangnya ga ada.
    tolong bisa bantu saya tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Sherly Setiawan : kalo boleh tau Ibu tingggal dimana ya? ferrolite bisa dijumpai di Mall-Mall besar seperti Giant, Carrefour atau di toko di seputaran dalam Mall. Jika susah sekali, ibu bisa pesan ferrolite di toko penjual ikan hias atau aquarium.

      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  2. sangat menarik sharing informasi yang bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  3. Saringan ini namanya apa mas kalau seperti di indomart / alfamart ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya filter air untuk satu keran. Saya belum pernah ketemu saringan ini di Indomart atau Alfamart, kalaupun ada umumnya saringannya kecil, tidak sebesar yang saya gunakan.

      Hapus
  4. Oke nanti akan saya coba cari di giant / carefur, soalnya air di tempat saya lumayan keruh, apalagi jika di musim penghujan maklum sumur bor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, saringan ini bisa digunakan untuk air keruh, bau, dan kuning

      Hapus

a